Cara Setting DNS Pribadi di Android

Cara Setting DNS Pribadi di Android

Ada banyak cara untuk membuka situs yang diblokir. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan DNS. Apa itu DNS?

DNS adalah singkatan dari Domain Name System, dan berfungsi seperti jantung dari Internet. Perangkat apa pun yang Anda gunakan untuk mengakses Internet, baik itu komputer pribadi/laptop atau komputer Android/tablet, pasti akan menggunakan server DNS dari ISP (Penyedia Layanan Internet) yang Anda gunakan.

Jaringan yang kita kenal sekarang ini didukung oleh teknologi yang disebut DNS (Domain Name System). Ini digunakan untuk menghubungkan server web dengan nama domain situs web yang sesuai. Seperti DNS publik Google, ini telah menjadi pilihan populer selama bertahun-tahun.

Mungkin Anda selalu berpikir bahwa DNS sama dengan VPN. Meski keduanya cukup berbeda, bahkan keduanya bisa membuka akses situs yang diblokir. Ketika diminta untuk memilih di antara keduanya, kami lebih memilih DNS. Karena DNS lebih stabil, tidak akan memperlambat kecepatan Internet.

Kecepatan internet menggunakan VPN tergantung pada server yang dipilih. Semakin jauh Anda menggunakan server, semakin lambat koneksi Internet. Agar tidak mempengaruhi kecepatan jaringan, disarankan untuk menggunakan DNS.

Apa keuntungan menggunakan DNS pribadi?

  • Dapat mengunjungi situs atau website yang diblokir oleh provider (tidak semua DNS).
  • Dapat membuat koneksi jaringan lebih stabil, sangat cocok untuk bermain game online.
  • keamanan jaringan internet.
  • Penjelajahan yang lebih aman dan lebih cepat.

Ada banyak lagi.

Jadi bagaimana Anda mengubah DNS di Android sekarang? Singkatnya, Anda perlu waktu untuk pergi ke pengaturan ponsel Android Anda dan mengubah beberapa pengaturan DNS di Android tanpa aplikasi dan root.

Cara Setting DNS Pribadi di Android 9

Jika ponsel Android Anda menggunakan versi 9 dan lebih tinggi, Android 9 hadir dengan fitur perubahan dns yang sangat berbeda karena sekarang lebih mudah. Di Android 9, Anda tidak dapat mengonfigurasi server DNS standar. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan dns dari Google dan OpenDNS. Karena pada Android versi 9 kalian hanya dapat menggunakan DNS over TLS yaitu DNS terenkripsi. 

  1. Buka Pengaturan -> Jaringan dan Internet -> dan pilih DNS Pribadi dan masukkan DNS yang tercantum di atas. 
  2. Kemudian pilih Simpan, maka secara otomatis akan menyimpan perubahan. 
  3. Nah setelah anda berhasil mengubah DNS di Android, untuk mengeceknya anda bisa melihatnya di situs DNS Leak Test, dan jika sudah aktif maka akan muncul custom dns anda. 

Cara Setting DNS Pribadi di Android 8.1 Kebawah

Dimulai dengan Android 8.1 dan di bawahnya, cara resmi untuk mengubah server DNS ini adalah dengan memasukkannya secara manual di setiap koneksi jaringan Anda (Wi-Fi dan seluler).

  1. Untuk mengubah jaringan Wi-Fi, silakan masuk ke menu Pengaturan> Pengaturan Jaringan, pilih jaringan Wi-Fi yang DNSnya telah Anda ubah, tekan dan tahan nama jaringan, lalu pilih "Ubah Jaringan"
  2. Kemudian pada pilihan “IP Setting” biasanya akan muncul “DHCP”. Ubah ke "statis" dan Anda akan dapat memasukkan IP DNS yang akan Anda gunakan secara manual.
  3. Jika ya, tekan tombol Simpan untuk menyimpan pengaturan DNS Anda.

Selain menggunakan DNS privat,f kita juga bisa menggunakan aplikasi bernama 1.1.1.1 untuk mengatur DNS Android. Aplikasi dari Cloudflare ini akan secara otomatis akan mengubah DNS hp android kalian, sehingga kita tidak perlu mengisinya secara manual. Cara menggunakan aplikasi 1.1.1.1 ini juga sangat sederhana, berikut cara setting dns 1.1.1.1 di Android :

  1. Download aplikasi 1.1.1.1 di google playstore.
  2. Kemudian jalankan aplikasinya.
  3. Tekan tombol yang ditunjukkan pada gambar di atas untuk mengaktifkan DNS.
  4. Selesai.

Pengoperasian aplikasi bernama 1.1.1.1 adalah untuk menyediakan akses ke semua situs web yang diblokir dengan mengganti koneksi antara smartphone dan internet dengan protokol yang lebih modern. Selain itu, aplikasi 1.1.1.1 akan melindungi privasi pengguna agar lebih aman daripada mengakses internet secara langsung. Ada banyak aplikasi lain untuk mengatur DNS di Android.

Nah bagaimana tutorial diatas? sangat mudah dan sederhana sekali bukan, semoga dapat membantu dan memberikan manfaat, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url