Cara Pasang TWRP Tanpa PC Di Android

Hallo semua kali ini kita akan membahas cara untuk menginstal TWRP tanpa PC. Pada semua perangkat Android sebenarnya terdapat default recovery atau biasa disebut dengan fungsi inventory recovery

Sayangnya, built-in recovery ini hanya memiliki alat / fungsi yang sangat terbatas, seperti hanya menghapus data android, dan mengupdate sistem android.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan lebih banyak alat / fungsi (seperti menginstal ROM kustom, kernel, aksesori, mod, pencadangan dan pemulihan sistem, dan alat / fungsi lainnya), Anda dapat menggunakan pemulihan khusus daripada pemulihan inventaris.

Mengenai custom recovery pasti sering mendengar nama TWRP (Team Win Recovery Project) dan CWM (Clockwork Mod).

Namun, untuk pembahasan kali ini kita hanya membahas cara instal TWRPnya saja. Untuk CWM ada pada postingan lainnya yang ada di blog ini.


Recovery Bawaan

Sama seperti stock recovery pada sistem operasi apa pun, sifat stock recovery di Android hampir sama, yaitu dapat digunakan untuk melakukan berbagai operasi seperti pemeliharaan, peningkatan, perbaikan, penyegaran, dan perbaikan.

Hanya beberapa smartphone Android yang ada di pasaran saat ini, beberapa di antaranya tidak memiliki stock recovery secara default, karena karena beberapa alasan khusus, OEM mungkin tidak menyertakan stock recovery tersebut.

Namun, hal seperti itu mudah diatasi karena Anda dapat dengan mudah menginstal stock recovery khusus langsung di ponsel pintar Android Anda, dan setelah itu, Anda dapat menggunakan semua fitur stock recovery yang kami sebutkan di custom recovery.

Saat ini, Anda bisa menggunakan banyak jenis custom recovery di smartphone Android Anda, tetapi di antara banyak custom recovery, hanya satu jenis custom recovery yang paling terkenal dan paling terkenal sekarang ini, yaitu adalah TWRP.

Fitur-fitur yang dibawa oleh custom recovery TWRP adalah sebagai berikut :

  • Cadangkan partisi dalam format Gambar TAR atau RAW
  • Pulihkan cadangan dari penyimpanan internal atau eksternal (kartu SD) atau OTG
  • Instal ROM kustom, kernel, add-on, mod, dan lainnya
  • Hapus file, data, sistem, cache, cache dalvik, penyimpanan internal dan eksternal yang dapat dilakukan secara terpisah atau pada waktu yang bersamaan
  • Terminal access
  • ADB Root Shell
  • Dan lainnya

Melanjutkan pembahasan di atas, sebenarnya ada dua jenis TWRP yang berbeda. Perbedaan terletak pada versi dan sumbernya. Selebihnya sama saja. Dua versi TWRP yang kami maksud adalah versi resmi (Resmi) dan versi tidak resmi (Tidak Resmi).

Hal ini penting karena walaupun keduanya dapat digunakan seperti TWRP biasa, ternyata terdapat perbedaan yang besar diantara kedua versi tersebut, maka skenario ini akan kami menguraikannya.

TWRP resmi, sesuai dengan namanya, yang berarti TWRP ini didistribusikan langsung oleh pengelola 

TWRP, dan memiliki keunggulan sebagai berikut:
  • Stabilitas stabil / bebas kesalahan.
  • Dapatkan versi terbaru secara teratur.
  • Pastikan aman karena sudah lolos uji kendali.
Namun tipe TWRP resmi ini juga memiliki kekurangan yaitu TWRP resminya tidak dapat mendukung semua tipe seri smartphone Android, karena pada kenyataannya mungkin saja tidak ada pengelola TWRP resmi yang terlibat dalam pengembangan seri smartphone Android yang Anda gunakan, bahkan mungkin saja. kernel kode sumber tidak tersedia., Jadi TWRP ini tidak dapat dibangun (dibangun).

TWRP tidak resmi (tidak resmi) yang perlu Anda ketahui tidak berarti bahwa TWRP ilegal, tetapi sumber TWRP dibuat oleh non-pengelola resmi TWRP, atau mudah dikembangkan oleh individu, dan memiliki keuntungan sebagai berikut:

Dapat menjangkau dan mendukung lebih banyak seri Smartphone Android
Tersedia dengan cepat

Hanya saja TWRP informal ini memiliki banyak kekurangan, sebagai berikut:
  • Mungkin ada bug karena dikembangkan oleh pihak luar dari tim TWRP.
  • Update tersebut tidak berkala, atau biasanya hanya untuk satu versi saja, sehingga selama bisa digunakan dan bisa berjalan normal maka versi TWRP tidak akan diupdate lagi.
  • Ketersediaan bahasa terbatas, misalnya hanya bahasa Cina yang tersedia.
  • Jika dikembangkan oleh pengembang amatir, mungkin berbahaya bagi sistem.
Oleh karena itu jika memungkinkan silahkan gunakan versi TWRP yang resmi.Kalaupun belum ada versi resminya, pastikan TWRP tidak resmi yang ingin Anda gunakan sudah terverifikasi dan tidak akan menyebabkan smartphone Android Anda mengalami masalah seperti bootloop dst.

Cara Pasang TWRP Tanpa PC

Cara Pasang TWRP Tanpa PC Di Android

Untuk menginstal TWRP, Anda perlu mendapatkan file image (.img) dari TWRP berdasarkan jenis Android yang Anda miliki.

Cara mendapatkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Unduh aplikasi TWRP resmi di situs web resmi atau melalui Google Play store;

Pahami bahwa aplikasi ini tidak digunakan untuk menginstal TWRP, tetapi untuk mendownload file image (.img) yang sesuai, yang kemudian akan diinstal pada ponsel Android Anda;

Setelah penginstalan selesai, jalankan aplikasi, periksa apakah saya setuju, lalu klik OK;

Selanjutnya pilih TWRP FLASH, lalu pilih "Select Device", daftar smartphone Android yang tersedia akan muncul;

Pilih perangkat berdasarkan jenis ponsel, atau ketik di kolom "Search Device". Misalnya, saya mencari TWRP-Libra untuk Mi 4C;

Jika Anda menemukannya, silakan unduh file TWRP terbaru atau versi yang cocok dengan ROM yang saat ini digunakan (jika Anda tidak yakin, coba cari referensi versi yang cocok);

Aplikasi kemudian akan menyebabkan browser mengunduh file TWRP yang sebelumnya Anda pilih.

Setelah selesai, flash file gambar (.img) yang diperoleh ke Android.

Kali ini kami menggunakan aplikasi bernama Flashify, Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di Google Play store, pastikan untuk menggunakan aplikasi Flashify untuk pengguna ROOT, seperti gambar di bawah ini:

Setelah menginstal aplikasi Flashify, kamu harus memenuhi beberapa syarat utama yaitu smartphone Android kamu harus sudah diroot. Untuk dapat melakukan root pada smartphone Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini: 


Jika sudah selesai, Anda bisa memasangkan TWRP dengan cara berikut:

Pastikan Anda telah mendownload file TWRP (.IMG) dan memindahkannya ke penyimpanan internal.
Letakkan ponsel cerdas Android Anda di tempat yang mudah ditemukan.

Buka aplikasi Flashify dan berikan (berikan) izin ROOT.

Pilih opsi pulihkan gambar.

Kemudian, pilih opsi "Pilih File".

Silakan cari dan pilih file TWRP yang Anda unduh sebelumnya.

Konfirmasikan penginstalan TWRP, lalu tunggu hingga proses penginstalan selesai.

Terakhir, mulai ulang.

Ini akan secara otomatis memulai ulang ke mode TWRP.

Selesai!

Dikarenakan pada artikel ini hanya mengulas cara instal twrp secara umumnya saja, pada beberapa device hp android mungkin untuk cara pasang TWRPnya dapat berbeda dari yang kita berikan, namun secara garis besar caranya seperti ini, terima kasih sudah berkunjung dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar