Cara Melihat History Wifi Di Android Tanpa Root

Cara Melihat History Wifi Di Android - Cara mengetahui pengguna wifi melalui Android bisa dilakukan secara mudah menggunakan aplikasi cek pengguna Wifi Android. Ada banyak yang kalian bisa temukan di play store dan kebanyakan merupakan aplikasi gratis.

Salah satu penyebab kenapa wifi kita lemot adalah karena wifi kita terkoneksi dengan banyak perangkat ke jaringan yang sama. Jika merupakan perangkat sendiri tentu tidak jadi masalah. Akan tetapi bagaimana jika yang terkoneksi adalah smartphone milik orang lain yang tidak kita kenali?

Yah, terkadang ada orang yang sengaja membobol wifi agar bisa mendapatkan internet gratis. Tentu hal ini sangat menyebalkan. Dikarenakan banyak perangkat yang menggunakan wifi tersebut untuk download maupun sekedar streaming youtube.

Bukan hanya itu tapi juga dapat dipengaruhi oleh kuota internet ataupun FUP itu sendiri habis. Nah agar beberapa hal ini tidak terjadi pada wifi kita. Adapun cara mengatasi atau mengurangi kejadian tersebut, silahkan simak di bawah ini.


Cara Melihat History Wifi Di Android

Cara Melihat History Wifi Di Android

1. Cara Melihat History Wifi Di Android Dengan Aplikasi FING

Untuk dapat mengetahui pengguna wifi melalui Android kalian bisa menggunakan aplikasi bernama FING. Aplikasi ini memiliki dapat memindai perangkat apa saja yang terkoneksi ke wifi.

Daftar perangkat yang terhubung akan terlihat sangat jelas, lengkap dengan tipe dan merek smartphone yang terkoneksi. Selain itu, Aplikasi ini juga bisa mendeteksi berbagai perangkat yang terhubung dengan wifi kita, contohnya seperti smartphone, laptop, pc maupun sebuah router.

Dengan aplikasi FING ini, kita bisa mengetahui apabila ada sesorang yang mencuri Wifi. Namun bukan itu saja kegunaan aplikasi ini. Dikarenakan aplikasi ini memiliki fitur berlimpah didalamnya.

Cara memakai aplikasi untuk mengecek pengguna Wifi kalian sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mendownloadnya di Play Store, lalu cari menu Pindai Perangkat. Setelah itu kita dapat langsung mengetahui siapa saja perangkat yang terkoneksi di wifi kita.

Perlu kalian ketahui bahwa setiap router memiliki batasan perangkat yang dapat terhubung dengannya. Dengan melalui FING kita dapat melihat berapa perangkat yang terhubung dengan wifi kalian. Selain hal itu kita juga dapat mengecek IP dari perangkat yang tersambung tersebut.

Yah, Fing merupakan aplikasi yang sangat lengkap. Nah karena itu saya sarankan bagi kalian yang menggunakan wifi dirumah untuk mencoba aplikasi FING.


2. Cara Melihat History Wifi Di Android Dengan Aplikasi WHO’S ON MY WIFI

Aplikasi Cek Pengguna WiFi AndroidCara mengetahui pengguna wifi melalui Android selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bernama WHO’S ON MY WIFI. Aplikasi WHO’S ON MY WIFI ini bisa didownload secara gratis di Google Play Store dengan ukuran kurang dari 5MB.

Meskipun ukurannya aplikasinya kecil, Tetapi kita bisa mengandalkannya untuk mengetahui orang yang sedang memakai wifi kita. Dari sekian banyaknya keunggulan aplikasi ini, sayangnya aplikasi ini memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat menampilkan nama perangkat yang terkoneksi di wifi kalian.

Yang tertera hanyalah alamat IP serta jenis perangkat. Untuk mengetahui nama perangkat kita harus mengeditnya secara manual. Namun dibalik kekurangan tersebut aplikasi ini dapat memperlihatkan jumlah perangkat yang terhubung dengan wifi kalian.

Ketika kalian membuka aplikasi WHO’S ON MY WIFI, aplikasi ini akan langsung memperlihatkan berapa jumlah perangkat yang terhubung dengan wifi kalian. Nah bagi yang penasaran bisa langsung saja mendownload aplikasinya dibawah ini.


3. Cara Melihat History Wifi Di Android Dengan Aplikasi WiFi Scanner

Selain kedua aplikasi diatas ada aplikasi lain yang bisa kalian coba untuk mengetahui pengguna yang tersambung ke Wifi kita, yaitu WiFi Scanner. Ada fitur menarik di aplikasi ini yaitu kita bisa melihat history pengguna wifi  berdasarkan hari.

Informasi yang didapatkan juga lumayan detail dan juga menampilkan tipe perangkatnya, ip address dan mac address perangkatnya. Selain itu, Wifi Scanner ini bisa memperlihatkan kecepatan wifi kita.

Cara melihat pengguna Wifi melalui aplikasi ini sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi WiFi Scanner di Play Store, lalu ketuk tombol dibawah nama Wifi untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke Wifi Hotspot.

4. Cara Melihat History Wifi Di Android Dengan Aplikasi Who Uses My WiFi
Aplikasi ini memiliki fitur sangat lengkap. Dan bukan cuman itu kita bahkan dapat menggunakan aplikasi ini untuk memblokir perangkat yang terkoneksi ke wifi.

Di aplikasi ini Informasi pengguna wifi yang pernah tersambung ditampilkan dengan sangat lengkap, mulai dari tipe perangkat, merek, hingga IP Address mereka. Kita dapat melihat semua perangkat yang terhubung di wifi kita dengan satu kali klik.

Selain itu juga, tersedia fitur untuk dapat masuk ke pengaturan router, port scanner, dan masih banyak lagi lainnya. Semua keunggulan tersebut bisa kalian coba secara gratis dengan mendownload Who Uses My WiFi di Google Play Store.

5. Cek Router
Cara Cek Pengguna WiFi Dari hp android selain melalui aplikasi, kalian bisa mencoba cara mengetahui pengguna Wifi melalui Android dengan cara mengakses IP Address Default Router. Mungkin terdengar cukup merepotkan, namun sebenarnya cukup mudah dan bisa dicoba di semua tipe hp Android.

Biasanya Wifi seperti Indihome kebanyakan menggunakan router merk ZTE atau Huawei. Pengaturan setiap router berbeda-beda. Begitu juga dengan alamat IP address yang harus kita akses untuk mengetahui pengguna Wifi yang terkoneksi.


Untuk melihat IP Addres pada router wifi sangat mudah caranya. Kalian tinggal lihat pada bagian belakang biasanya telah tertera nomor IP Address seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.

Jika nomor IP Address di atas tidak bisa dibuka, maka mungkin sudah pernah diganti oleh petugas provider saat memasang wifi atau memang IP Addressnya berbeda.

Jika memang kalian tidak bisa membuka webnya, silahkan kalian coba salah satu IP Address di bawah ini yang sering terdapat pada model ZTE maupun Huawei.

IP Address Default ZTE
192.168.1.1
192.168.0.1
192.168.100.100
192.168.1.254
192.168.2.1
192.168.2.254

IP Address Default Huawei
192.168.1.1
192.168.0.1
192.168.3.1
192.168.8.1
192.168.100.1
10.0.0.138

Silahkan kalian mengakses IP Address di atas melalui browser hp kalian dengan menggunakan browser seperti Google Chrome, UCWEB, Opera, Mozilla, dll. Pastikan kalian sudah terkoneksi ke jaringan router WiFi yang akan digunakan.

Setelah kalian berhasil masuk ke IP Address Default Modem, maka selanjutnya kalian tinggal login dengan memasukan Username serta Password. Untuk melihat passwordnya kalian bisa lihat pada bagian belakang router wifinya.

Untuk router ZTE dan Huawei biasanya memiliki username dan password yang sama. Setelah kalian berhasil login, maka selanjutnya kalian tinggal mengecek pengguna wifi yang terkoneksi ke jaringan kita.

Setiap router memiliki menu pengaturan berbeda-beda. Contohnya seperti router ZTE yang memiliki menu untuk melihat perangkat yang terhubung pada bagian Network > WLAN > Associated Devices.

Nah demikian beberapa cara melihat history wifi di android dengan mudah dan tanpa root. Silahkan kalian mencoba salah satu cara di atas, Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar