Tips dan Cara Atasi Baterai Android Tidak Bisa Full 100%

Tips dan Cara Atasi Baterai Android Tidak Bisa Full 100%

Tips dan Cara Atasi Baterai Android Tidak Bisa Full 100% - Siapa nih yang pernah mengalami kejadian  baterai hp androidnya gak bisa full padahal sudah dicas lama? 

Nah, seperti yang kita tahu, android merupakan sistem operasi yang tergolong sangat boros. Bagaimana tidak, pasalnya secara tidak sadar banyak pengguna yang menginstall aplikasi background yang tak terlihat tapi tetap menngurangi baterai secara perlahan-lahan.

Sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut, biasanya orang menggunakan power bank sebagai cadangan daya untuk baterai mereka. Jadi, ketika baterai sudah mau habis, tinggal menggunakan power bank saja. Sangat praktis. Tetapi, penggunaan power bank yang terus menerus tidak baik untuk baterai Anda karena biasanya arus yang dialirkan tidak selalu stabil.

Meskipun begitu, power bank hanyalah alternatif dari masalah bukanlah solusi. Untuk itu anda sebaiknya tetap mencari solusi terbaik untuk menangani baterai hp android anda yang tidak bisa full 100%. Ada beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh. simak penjelasan berikut ini.

Charger Yang Tidak Original

Agar baterai hp anda jadi awet, sebaiknya anda menggunakan charger bawaannya, karena dapat mengisi secara baterai hp anda secara efektif, dan charger bawaannya dapat menyesuaikan kapasitas arus listrik yang dialirkan dengan kapasitas arus listrik yang dibutuhkan oleh baterai. Dan juga dapat meminimalisir Ketidaksesuain arus listrik yang diterima dapat menyebabkan penurunan kualitas baterai bahkan rusak.

Ganti Kabel USB

Coba periksa apakah anda sudah menghubungkan kabel USB dengan benar atau belum. Karena penyebab baterai tidak bisa terisi penuh mungkin karena port USB di hp android anda sudah rusak. Oleh sebab itu, usahakan kabel usb Anda jangan sampai rusak. Selain itu, pastikan port pada smartphone dan kabel USB dalam keadaan bersih dan bebas dari debu.

Ganti Baterai Hp Anda

Biasanya penyebab lain dari baterai yang tidak bisa terisi penuh saat di-charger adalah karena sudah baterai hp tersebut sudah rusak. Solusinya adalah dengan menggantikan baterai hp dengan baterai baru atau yang masih bagus. Ciri-ciri baterai yang rusak umumnya akan terlihat mengembung.

Custom Rom Tidak Sesuai

Pastikan anda menginstal custom rom yang benar, karena salah satu penyebab baterai Anda tidak terisi penuh saat pengisian adalah custom ROM yang Anda gunakan tidak sesuai. Apa sih cusom rom? 

Jadi, Custom ROM itu merupakan firmware smartphone android yang dikembangkan dan dirilis secara tidak resmi oleh seorang developer yang menawarkan tampilan dan fitur baru hingga peningkatan performa. Singkatnya, custom ROM digunakan untuk meningkatkanya kinerja dari Hp android. Bagi kalian yang tertarik untuk menginstal custom rom, dapat menyimak 6 Hal Penting Sebelum Instal Custom Rom Di Android

Update atau Downgrade OS Android

Update OS android yang diberikan biasanya akan memperbaiki bugs namun tidak menutup kemungkinan juga malah akan menimbulkan bugs baru yang menimpa pada smartphone anda. Salah satunya adalah masalah baterai, Jika baterai hp dicas tidak bisa penuh setelah di update, lakukan downgrade atau sebaliknya.

Cek Kecepatan Charger 

Untuk mengeceknya anda dapat menggunakan aplikasi Ampere, aplikasi ini dapat memperlihatkan kepada kita performa charger saat mengisi daya. Unduh aplikasinya di Play store kemudian cas Hp anda. Nantinya Ampere akan menampilkan statistik dari charger tersebut.

Matikan Dan Reboot Hp Android Anda

Salah satu solusi mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh adalah dengan reboot hp androidnya. Matikan hp anda lalu cabut baterai, kartu SIM dan MicroSD. Diamkan selama beberap detik kemudian pasang dan hidupkan kembali.

Factory Reset Hp Android

Factory reset sering digunakan ketika hp androidnya sedang bermasalah seperti hang atau error. Bagi yang belum tau, Jadi factory reset itu artinya mengembalikan settingan smartphone ke settingan awal atau settingan pabrik. Nah, baiknya sebelum melakukan factory reset, Anda sebaiknya mem-backup data Anda.

Nah, itulah beberapa Tips dan Cara Atasi Baterai Android Tidak Bisa Full 100%, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi blog ini.

Posting Komentar