11 Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
Cara Mengatasi Hp yang Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis - Mungkin Anda adalah seseorang yang berpikir bahwa Anda hanya menggunakan smartphone Android Anda untuk sementara waktu, dan mengapa baterainya habis lagi. 

Bahkan saat ini, rasanya hampir tidak mungkin bagi kita untuk berpisah dari smartphone kita sejenak. Apalagi jika smartphone Anda dibutuhkan untuk keperluan penting seperti bekerja atau berkencan dengan teman. Perlu diperhatikan bahwa setiap kamu membuka aplikasi di android kamu seperti menelpon teman atau sekedar membuka aplikasi untuk mengupdate status di media sosial tanpa kamu sadari bahwa, kamu lupa untuk mengclose aplikasi tersebut.

Maka aplikasi tersebut masih berjalan di belakang background yang memakan kinerja cpu maupun ram yang terdapat di android kamu yang berakibat cepat terkurasnya baterai smartphone android kamu dan bahkan ada smartphone android yang memiliki ketahan baterai yang sangat buruk, karena faktor terlalu banyaknya fitur yang ada di smartphone android tersebut ataupun rom yang belum stabil dan belum di optimasi oleh vendor yang meluncurkan smartphone berbasis android tersebut. 

Untuk mengurangi hal tersebut supaya smartphone android kamu lebih hemat mengkonsumsi baterai maka saya akan mengeshare tips dan cara agar kamu lebih nyaman menggunakan smartphone kamu dan tidak bingung untuk mencari colokan saat diluar rumah karena baterai smartphone sudah hampir habis.

Namun, jika Anda adalah seseorang yang beraktivitas sepanjang hari, lebih baik memilih ponsel dengan baterai besar daripada repot dengan tips di bawah ini. Juga, jangan lupa untuk memeriksa dukungan untuk teknologi pengisian cepat. Jadi, baik Anda sedang bekerja, bermain game, atau menelusuri media sosial favorit Anda, kebutuhan aktivitas seluler Anda dijamin selalu terpenuhi.

Cara Mengatasi Hp Yang Cepat Panas Dan Boros Baterai

1. Mengganti Wallpaper Dengan Gambar Yang Dominan Hitam


Banyak sekali orang yang sering mengganti wallpaper devicenya agar terlihat lebih cantik dipandang ataupun terlihat lebih fresh dari tampilan wallpapernya yang sebelumnya yang mereka gunakan. tanpa disadari jika wallpaper yang dominan hitam dapat membuat baterai android tidak cepat habis saat digunakan khususnya device yang sudah menggunakan layar amoled.

Bagi anda yang menggunakan smartphone android yang sudah dibekali layar amoled ini adalah kabar gembira buat anda karena dengan hanya menggunakan wallpaper hitam anda sudah bisa menghemat baterai pada device android anda dan tips ini juga merupakan salah satu Tips Ampuh Menghemat Baterai Di Hp Android yang banyak digunakan orang saat ini.

2. Mengurangi Kecerahan Layar Hp Android Anda


Kebanyakan sekarang smartphone android sudah memiliki fitur yang bernama auto brightness yang seperti namanya fitur tersebut berfungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis dengan mendeteksi kondisi cahaya saat hp android tersebut  digunakan, Jika kamu ingin menghemat baterai smartphone android kamu ada baiknya kamu menonaktifkan fitur ini dan menurunkan kecerahan sampai yang terendah. Jika kamu ingin baterai aku menghematnya optimal kamu bisa mengubah screen timeoutnya menjadi 15 detik.

3. Menggunakan Aplikasi Pixoff

Bagi kamu yang belum mengetahui aplikasi yang bernama pixoff ini. Adalah aplikasi yang dapat menghemat baterai smartphone android anda, dengan cara mengurangi jumlah pixel di layar smartphone android anda, Dengan begitu konsumsi baterai hp android anda dapat lebih hemat . Tapi perlu diingat aplikasi ini hanya mensupport hp android dengan layar amoled saja.
Jika kamu menginstal aplikasi ini di device yang tidak menggunakan layar amoled namun menggunakan layar tft ataupun layar ips maka aplikasi ini tidak akan memberi dampak atau manfaat apapun terhadap baterai kamu.

4. Menghentikan Beberapa Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Banyak mendownload aplikasi di play store belum tentu baik, karena aplikasi tersebut bisa berjalan di latar belakang tanpa ketahui, padahal kita tidak menggunakan aplikasi tersebut. Yang menyebabkan smartphone android kita menjadi sangat boros.

Kamu dapat melihat aplikasi mana yang menguras baterai di hp android kamu dengan cara pergi ke bagian baterai di menu setting. Jika kamu melihat aplikasi yang tidak wajar banyak mengkonsumsi daya baterai ada baiknya kamu hapus atau menghentikan aplikasi tersebut.

Ada juga aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses internet maupun mengakses lokasi anda yang dapat menyebabkan borosnya baterai device kamu. Jika memungkinkan kamu bisa menghentikannya untuk tidak mengakses lokasi kamu dengan cara pergi ke lokasi pada menu setting, Jika anda ingin menjalankan aplikasi yang membutuhkan lokasi seperti Google maps kamu bisa mengaktifkannya kembali.

5. Terlalu Banyak Memasang Widget

Terlalu banyak widget juga dapat menyebabkan baterai hp android kamu boros. Contohnya seperti widget jam dan cuaca yang terdapat di tampilan utama. Widget tersebut akan terus berjalan di latar belakang untuk mengupdate waktu dan cuaca saat ini. Jika anda memiliki widget yang sangat banyak di home segeralah hapus untuk menghemat baterai device anda.

Kamu juga dapat mengakalinya dengan mengubah frekuensi kapan widget tersebut harus di perbarui. Kamu juga bisa mengatur frekuensi widget yang kamu anggap penting menjadi 1 jam atau 30 menit. Cara ini juga bisa menghemat baterai device kamu tetapi tidak sehemat saat hp android kamu saat tidak memiliki widget sama sekali di halaman utama.

6. Menginstall Greenify

Greenify adalah aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mengecek atau mengidentifikasi aplikasi yang banyak menguras baterai hp android kamu. aplikasi ini bekerja dengan cara mengihibernasi aplikasi yang kamu tentukan supaya aplikasi tersebut tidak berjalan di latar belakang saat kamu tidak menggunakannya.

Bagi kamu yang device android sudah berjalan di android versi 6.0 atau Marshmallow dapat menggunakan fitur baru di aplikasi Greenify ini yaitu fitur agressive doze dan fitur doze on the go. Untuk memaksimalkan aplikasi ini anda perlu melakukan root di hp android anda.

7. Mengaktifkan Mode Power Saving

Cara mengatasi hp panas dan baterai cepat habis ke-7, Android dilengkapi dengan mode hemat daya. Dengan mode ini, smartphone Android Anda akan secara otomatis memilih aktivitas yang tidak boleh Anda jalankan karena menghabiskan baterai Anda.

Yang biasanya dilakukan adalah menghapus animasi di aplikasi, menonaktifkan sinkronisasi latar belakang, mematikan layanan lokasi dan menurunkan tingkat kecerahan layar. Lebih ekstrim lagi, smartphone dari Samsung dan Huawei memiliki fitur mode hemat daya ultra yang membuat smartphone Anda hanya untuk panggilan dan teks.

8. Mencari Aplikasi Berjalan yang Membuat Baterai Cepat Habis

Salah satu keuntungan menggunakan Android adalah sistemnya sangat terbuka untuk segala macam informasi penting bagi penggunanya. Salah satunya dengan mengetahui aktivitas penggunaan baterai.

Anda dapat memeriksanya dengan masuk ke menu Pengaturan > Baterai. Temukan aplikasi yang memakan daya baterainya tinggi. Jika kamu tidak sering menggunakannya mencopot pemasangannya akan menyelesaikan masalah.

9. Mengaktifkan Airplane Mode Ketika Sinyal Buruk

Ponsel cerdas kamu tidak akan menerima sinyal dari area tak terlihat dari penyedia layanan seluler kamu. Dalam hal ini smartphone kamu akan terus mendeteksi sinyal secara otomatis.

Proses ini sangat menguras baterai, dan saat bagian-bagian mesin terus bekerja, panas dihasilkan, yang juga menyebabkan baterai memanas karena posisi tertutupnya.

10. Membatasi Location Service

Salah satu cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai saat ini, hampir setiap aplikasi mengharuskan Anda mengaktifkan GPS. GPS di beberapa aplikasi masih berfungsi saat Anda tidak menggunakan aplikasi, Anda dapat mengubahnya di menu layanan lokasi dan menentukan aplikasi yang benar-benar Anda perlukan untuk tetap menggunakan GPS, seperti Maps.

11. Clear Cache Aplikasi yang Terinstal


Salah satu yang berperan besar dalam menguras baterai Android Anda adalah Google Play. Tetapi, kamu tidak dapat mematikannya karena komunikasi antara aplikasi Google Play dan perangkat lunak sangat penting.

Tetapi Anda dapat mengurangi penggunaan baterai Google Play dengan masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > Semua > Layanan Google Play dan menekan opsi "Hapus Cache". Ini akan mengurangi penggunaan baterai sistem. Anda bisa melakukannya secara rutin, misalnya sebulan sekali.

Dan Itulah beberapa "11 Cara Mengatasi Hp Cepat Panas Dan Baterai Cepat Habis" semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang memiliki masalah dengan baterai di hp androidnya dan terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url