6 Hal Penting Sebelum Instal Custom Rom Di Android

6 Hal Penting Sebelum Instal Custom Rom Di Android

6 Hal Penting Sebelum Instal Custom Rom Di AndroidAndroid merupakan sistem operasi yang dulunya dikembangkan oleh Android.inc dan dibeli oleh Google pada tahun 2005, Dan dikembangkan oleh Google yang berdasarkan kernel linux dan di design khusus untuk telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet (Tablet) ini sangat banyak di pakai masyarakat indonesia saat ini.

Semua kalangan baik anak-anak sampai orang dewasa sudah mempunyai smartphone yang dikembangkan Google tersebut untuk membuat tugas, mencari informasi atau referensi, menghilangkan stress dengan bermain game, mengakses social media dan masih banyak lagi.

Di balik kegunaannya tersebut, sistem operasi ini juga memiliki versi, sama halnya seperti windows yang memiliki versi windows 7 dan versi windows 8. Tetapi jika di android versinya bernama android cupcake (1.5), donut (1.6), eclair (2.0), dan seterusnya, sampai versi android nougat(7.0) yang baru dirilis oleh google pada tahun 2016 yang lalu.

Baca Juga : Cara Menginstal Tweak Di Android Dan Pilihan Tweak Terbaik

Jika smartphone kamu tidak mendapatkan update frimware lagi dan ingin mengupdate versi android terbaru di smartphone kamu, maka kamu bisa menginstal yang namanya custom rom.

Apa Itu Custom Rom Android?

Custom rom android adalah file yang berisikan operasi sistem android yang sudah dimodifikasi oleh pihak ketiga seperti cyanogenmod dan lain-lain. Apakah yang kita dapat jika memasang custom rom di android.

6 Langkah terbaik Sebelum Instal Custom Rom Di Android


1. Memiliki Kinerja Yang Lebih Baik Dan Lebih Efisien Dari Stock Rom


Inilah alasan mengapa kita ingin menginstal custom rom, karena sudah di lengkapi dengan tweak-tweak yang tentunya sangat berguna dan kamu juga tidak perlu repot dan bingung untuk menginstalnya karena sudah ada di custom rom android teringan tersebut.


2. Memungkinkan Untuk Menginstal Aplikasi Di Sd Card

Fitur ini sangat bermanfaat bagi kita semua yang hobi menyimpan file besar seperti data game dan data aplikasi, yang dimana jika kamu masih menggunakan stock rom di smartphone kamu, kamu harus melakukan rooting mendapatkan fitur ini.

3. Merubah Tampilan Android Menjadi Lebih Bagus Dan Menarik

Jika kamu pernah menginstal aplikasi launcher, maka kamu bisa merubah tampilan android kamu sesuai dengan yang kamu inginkan tetapi tidak sepenuhnya. nah dengan menginstal custom rom kamu bisa merubah tampilan android sepenuhnya sampai status barnya bisa di rubah sesuai keinginan kamu.

4. Memiliki Banyak Fitur-Fitur Yang Tidak Hadir Di Stock Rom Atau Rom Bawaan Smartphone

Apakah kamu ingin memiliki fitur yang ada di smartphone flagship?. dengan menginstal custom rom kamu bisa mendapatkan fitur-fitur eksklusive tersebut  seperti UPSM (Ultra Power Saving Mode) yang terdapat di samsung galaxy s5.

5. Dapat Menginstal Dan Menjalankan Aplikasi Yang Membutuhkan Akses Root

Banyak manfaat yang kita bisa dapatkan jika menginstal custom rom seperti sudah terinstalnya tweak, fitur smartphone flagship, dan tidak perlu repot lagi untuk melakukan rooting. karena di dalam custom tersebut sudah tersedia dan kamu tinggal instal saja.

6. Membuat pemakainya menjadi lebih Memuaskan

Terkadang sebuah stock ROM yang berjalan di hp android kalian tidak memberikan pelayanan yang begitu memuaskan, maka salah satu fungsi inilah yang menyebabkan adanya Custom ROM.


Jika Ada Kelebihan Pasti Juga Ada Kekuranggannya, Yaitu :

 1. Hangusnya garansi hp android kamu.
 2. Beberapa rom yang ada di forum masih ada yang memiliki banyak bug di rom tersebut.
 3. Dapat Memperpendek usia smartphone android.
 4. Harus menginstal ulang aplikasi setelah berhasil mengeflash atau menginstal custom rom.
 5. Fungsi beberapa bagian perngkat akan hilang
 6. Fitur Update kualitasnya tidak terlalu baik


Nah.. jika kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya dan masih ragu-ragu untuk menginstal custom rom maka kamu bisa menyimak Tips sebelum menginstal custom rom di hp android, berikut ini :  


1). Pikirkan Matang - Matang Dahulu Sebelum Menginstal Custom Rom


Memikirkan matang-matang sebelum menginstal custom rom sangat-sangat dianjurkan supaya setelah berhasil mengeflash atau menginstal custom rom kamu tidak menyesal bahwa mungkin rom tersebut tidak seperti ekspetasi kamu.

Dan Bagi kamu yang belum tau, sebelum kita menginstal custom rom kamu wajib memfactory data reset smartphone kamu dan otomatis semua sms, kontak, dan aplikasi yang terdapat di smartphone kamu akan terhapus.

Maka dari itu kamu harus memikirkannya terlebih dahulu,untuk menghindari menyesal di kemudian hari.

Belum juga custom rom yang kamu instal tersebut masih mempunyai bug-bug yang membuat kamu kangen dengan rom yang sering kamu pakai yang tidak memiliki bug dan jika kamu sudah ingin mengupdate versi custom rom tersebut kamu harus instal manual belum lagi bisa membuat smartphone kamu botloop. 


2).  Pastikan Anda Sudah Menginstal Custom Recovery


Custom recovery adalah recovery pihak ketiga yang memiliki lebih banyak fitur di bandingkan stock recovery atau recovery bawaan. custom recovery juga berperan penting untuk kita yang ingin menginstal custom rom karena custom recovery memiliki fitur yang bisa membackup data system yang terdapat dalam smartphone kamu.

Jadi saat smartphone android kamu mengalami masalah seperti bootlop, kita tidak perlu pusing dan panik saat hal tersebut terjadi di smartphone kamu karena kamu dapat merestorenya menggunakan Backupan yang kamu buat tadi sebelum meinginstal custom rom.

Kamu bisa merestore backupan itu dengan cara masuk ke  custom recovery dan pilih restore. Kamu juga bisa menggunakan custom recovery tersebut untuk kegiatan lain seperti untuk menginstal tweaks, membersihkan cache yang terdapat di system, dan masih banyak lagi. 

3). Cek Custom Rom Sebelum Di Instal 


Semua file yang kita download di internet, bisa saja file tersebut corrupt berapa pun size filenya. Yang dapat disebabkan Karena faktor sinyal internet dan seringnya kita ngepause downloadan tersebut.

Jika kita tidak memperhatikan file tersebut maka pada saat kamu menginstal custom rom tersebut bisa saja kamu gagal menginstal custom rom dan malah smartphone android kamu bootlop, yang disebabkan Karena file tersebut rusak atau corrupt.

4). Cek Dahulu Apakah Custom Rom Tersebut Cocok Dengan Tipe Smartphone Android Kamu


Banyak vendor yang sudah banyak mengeluarkan atau merilis smartphonenya mulai dari smartphone yang menggunakan sistem operasi android, ios maupun windows phone yang banyak terdapat di pasaran saat ini.

Misalnya saya mempunya samsung galaxy s4 yang tipenya yaitu i9500 dan saya mencari custom rom di google dan menemukan custom rom yang ingin saya instal, dan custom rom tersebut juga dibuat khusus untuk galaxy s4 tetapi tipenya berbeda yaitu i9505 dan banyak orang yang menanyakan

"apakah bisa custom rom yang memiliki seri yang sama tetapi memiliki tipe yang berbeda dapat dijalankan dengan baik?".

Menurut saya, meskipun custom rom tersebut sudah memenuhi tetapi tipenya beda, maka ada custom rom yang bisa dan custom rom yang tidak bisa. Jika custom rom tersebut bisa dijalankan di tipe yang berbeda maka custom rom tersebut tidak berjalan lancar dan banyak aplikasi yang force close karena belum tentu tipe yang sama hardwarenya juga sama. 

5). Siapkan File Firmware Smartphone Android Anda Untuk Berjaga-jaga Dan Mencegah Hal-hal Yang Tidak Diinginkan



Frimware adalah file yang berisikan sistem atau os android yang bersifat tetap dan pengguna yang mendownload frimware tersebut tidak memiliki akses untuk mengedit yang ada didalamnya, frimware ini memiliki fungsi yaitu untuk mengupdate ataupun mendowngrade versi android dan dapat untuk memperbaiki smartphone yang terkena botloop.

Dengan menggunakan aplikasi odin untuk menggunakan frimware tersebut, tidak seperti custom rom yang dapat di instal menggunakan custom recovery. 

6). Backup IMEI Hp Android Kalian  


Kadang, ketika kalian menginstal custom rom, nomor IMEI kalian bisa hilang dan mengakibatkan hp android kalian tidak akan dapat menerima sinyal jaringan dari sim card yang kalian gunakan.

Untuk menghindari masalah tersebut, jangan lupa untuk membackup folder yang bernama EFS sebelum kalian menginstal custom rom.

Dan sekian artikel yang membahas tentang 6 Tips Sebelum Menginstal Custom Rom Di Android semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua dan terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk bantu share artikel ini ya.

0 Response to "6 Hal Penting Sebelum Instal Custom Rom Di Android"

Posting Komentar